7 Website Yang Bayar Cerpen Anda

Nativekebumen.com | Apakah kamu mempunyai bakat menulis cerpen? Jika benar, sayang sekali kalau karya cerpenmu hanya menjadi arsip semata. Ada banyak sekali situs website yang membayar karya cerpen. Nominal yang ditawarkan punberagam. Untuk itu, admin akan membahasnya di artikel ini.

Banyak dari teman-teman fresh graduated atau yang baru lulus SMA/Sarjana yang menjadi pengangguran. Hal ini dikarenakan karena kurangnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Untuk itu, para pelajar atau mahasiswa setidaknya memiliki hobi atau minat yang sekiranya dapat menjadi penghasilan sampingan. Syukur-syukur kalau jadi penghasilan utama yang besar.

Kanyataannya, pada saat ini hobi dapat menjadi uang. Untuk itu, jika kami sudah menemukan hobi yang kamu sukai, tak usah bimbang, dalami hobi tersebut hingga hobimu itu tak banyak orang dapat melakukannya.

Menulis cerpen merupakan salah satu hobi yang dapat dikatakan prospek untuk saat ini. Banyak dari situs-situs besar membutuhkan karya tulis jenis cerita pendek ini. Tak hanya senang ketika karya tulismu dipublikasikan di website media ternama, kamu juga akan dapat fee dari mereka. Untuk kamu yang kebetulan sedang mencari situs yang membayar cerpen, berikut ini admin rekomendasikan daftar situsnya;

Daftar Situs Yang Membayar Cerpen

daftar situs menerima cerpen
Sumber; freepik

Ada banyak sekali situs website yang membayar karya cerpen di Indonesia. Kamu dapat mengirim cerpen hasil karyamyu di situs yang kami rekomendasikan berikut;

1. BasaBasi.co

Rekomendasi website yang membayar cerpenmu pertama adalah Basabasi.co. Situs ini merupakan salah satu situs yang menyediakan bacaan-bacaan berkualitas untuk semua pembaca. Termasuk di kategori cerita pendek.

Untuk kamu yang hobi nulis cerpen, coba deh kirim cerpenmu ke situs ini. Basabasi.co tak hanya menerima karya tulis untuk cerpen saja, situs ini juga menerima karya tulis jenis artikel review, bisnis, perjalanan dan lain sebagainya. Jadi, kamu tidak hanya dapat mengirim cerpen saja ke situs ini.

Ada beberapa syarat yang harus diperhatikan sebelum kamu kirim cerpen di situs ini. Berikut ini silahkan disimak;

  • Karya yang kamu kirim belum pernah dipublikasikan, baik dalam bentuk cetak maupun digital.
  • Jika lolos moderasi, karya kamu akan dibayar Rp 300.000 untuk cerpen, puisi Rp 250.000, artikel ringan Rp 100.000.
  • Jika dalam dua bulan naskah cerpen kamu belum dipublikasikan, berarti naskah cerpen yang kamu kirim tidak lolos atau tidak dimuat.

Untuk pengiriman naskah, baik itu cerpen atau artikel lainnya kamu bisa kirim ke email [email protected].

2. IDN Times

Rekomendasi kirim cerpen berikutnya ada IDN Times, kamu dapat mengirim karya cerpenmu di situs ini. IDN Times Community berkomitmen penuh untuk mewadahi, menginspirasi anak-anak Indonesia di bidang karya tulis.

Nah, jika kamu memiliki bakat menulis cerpen, kamu dapat menyalurkan hobi kamu menjadi penghasilan tambahan lewat karya tulis yang kamu buat. Oh ya, IDN Times selain menerima karya tulis cerpen, kamu juga dapat mengirim karya tulis jenis lainnya.

Ada beberapa syarat sebelum kamu mengirim cerpen di situs ini. Berikut ini yang perlu diperhatikan;

  • Tulisan judul yang unik dan menarik, dan ejaan sesuai bahasa Indonesia. Judul tidak boleh bertele-tele, menggunakan kata kunci yang jelas dan menggunakan angka untuk menunjukan list pada artikel kamu.
  • Setiap listcle wajib ada gambar di bawah sub judul.
  • Wajib mencantumkan sumber gambar.
  • Kmau juga diwajibkan untuk mencantumkan URL lengkap dari sumber artikel informasi.

Untuk mengirim karya tulismu, kamu bisa langsung daftar di situs IDN Times, dan langsung menulis di situsnya. Namun, tak semua artikel yang lolos moderasi. Itu tergantung ketamvanan kamu dalam menulis.

3. Kompas.id

Sebuah situs website yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Kompas.id dapat kamu jadikan sebagai wadah karya tulis. Menurut banyaknya sumber, kamu akan mendapatkan fee jumbo jika karya tulismu diterima di situs ini. Fee yang akan kamu dapatkan adalah Rp 1,400,000 untuk cerpen dan karya tulis lainnya. Sedangkan untuk puisi Rp 550,000.

Jika kamu tertarik untuk nulis di situs ini, kamu dapat langsung kirim naskah tulisanmu ke email; [email protected]. Jika karyamu lolos moderasi dan dipublish, kamu akan mendapatkan kiriman email beserta informasi fee yang akan kamu dapatkan.

4. Jawa Pos

Rekomendasi situs yang menerima cerpen dan karya tulis lainnya adalah Jawa Pos. Situs ini merupakan media portal yang sudah cukup kondang di Indonesia. Memberikan informasi terbaru selama bertahun-tahun. Untuk itu, Jawa Pos juga berkomitmen untuk memberikan wadah bagi anak-anak yang hobi nulis.

Jika kamu memang hobi menulis cerpen, dan cerpenmu itu sudah bisa dibilang berbobot, ada baiknya kamu mengirimkannya ke situs JawaPos.com. Junlah fee yang akan diberikan kepada penulis cerpen jika lolos adalah Rp. 925,000. Sedangkan untuk karya puisi Rp. 725,000.

Jika lolos, kamu akan mendapatkan email pemberitahuan dan kamu akan ditransfer lewat rekening bank kamu. Untuk kamu yang tertarik untuk menulis di situs ini, kamu bisa mengirim karya tulismu di [email protected].

5. Tempo.co

Rekomendasi website yang terima cerpen beriktnya adalah Tempo.co. Media cetak dan portal online ini menerima hasil karya cerpenmu dengan fee yang lumayan gede loh. Jika karya cerpenmu diterima dan dipublish, kamu akan dapat fee Rp. 750,000.

Untuk karya puisi, kamu akan diberikan fee Rp. 600,000. Jika kamu tertarik untuk mengirim karya cerpen ke situs Tempo.co, kamu bisa langsung kirimkan naskahmu ke [email protected].

6. Media Indonesia

Berikutnya ada Media Indonesia. Salah satu media besar di Republik Indonesia yang juga menerima cerpen hasil karyamu. Ada beberapa persyaratan sebelum kamu mengirim cerpen di situs ini.

  • Cerpen yang kamu kirim belum pernah dipublikasikan di mana pun. Baik itu di media cetak maupun online.
  • Karya yang kamu kirim harus benar-benar original dan minimal memiliki 9000 karakter pada tulisan.

Menurut beberapa sumber, karya tulis untuk cerpen akan dibayar Rp. 700,000. Sedangkan untuk karya puisi Rp. 625,000. Untuk Anda yang tertarik untuk mengirimkan karya cerpen di Media Indonesia, kamu bisa kirim ke email; [email protected]

7. Nativekebumen.com

Kami tidak menerima cerpen, namun menerima artikel tentang review wisata dan perjalanan. Jika Anda tertarik untuk mempublikasikan artikelmu di situs ini, kamu dapat mengirim naskah artikelmu di email; [email protected]. Ada beberapa syarat agar artikel kamu diterima di situs kami. Berikut ini syaratnya;

  • Artikel ori ketikan tangan, bukan hasil dari AI.
  • Artikel harus memiliki jumlah kata minimal 1500 kata.
  • Boleh menulis ulang dari sumber lain, tidak copy paste.
  • Bebas mau review wisata di daerah mana pun (Indonesia).

Jika artikel kamu lolos, kamu akan mendapatkan fee sekurang-kurangnya Rp. 150.000 per artikel. Jika kamu tertarik ikut berkontribusi di situs ini, silahkan kirimkan naskahmu ke email yang sudah kami sebutkan di atas.

Tips Supaya Karya Tulis Cepat Diterima dan Dipublish

Ada beberapa tips dari admin yang dapat kamu jadikan refrensi sebelum mengirim cerpen, atau karya tulis lainnya di website yang menerima karya tulis anak-anak Indonesia. Berikut ini tipsnya;

1. Buatlah judul yang unik dan jelas, tidak bertele-tele

Saat kamu menulis karya, judul adalah hal yang paling utama yang wajib diperitungkan karena judul mewakili semua isi tulisan kamu. Gunakan judul yang pasti dan sudah mewakili isi dari pembahasan yang ditulis. Apalagi judul untuk karya cerpen, biasanya menggunakan judul yang pendek tapi sudah mewakili isi cerita.

2. Gunakan bahasa yang sesuai dengan EYD

Jika karyamu untuk dipublikasikan di web-web besar seperti yang admin sebutkan di atas, maka kamu harus memperitungkan untuk bahasa yang kamu gunakan saat penulisan. Pastikan ketikan tulisanmu memenuhi syarat ejaan EYD.

3. Buatlah karya tulis yang panjang

Situs-situs web besar seperti Media Indonesia, Kumparan, IDN Times sangat menyukai artikel panjang. Jadi, pastikan kamu menulis karya tulismu dengan panjang, namun tidak melenceng dari pembahasan.

Nah itulah tadi informasi mengenai 7 daftar website yang menerima cerpen hasil karya anak-anak bangsa Indonesia. Jika kamu tertarik untuk kirim cerpen di salah satu website yang tertera di atas, kamu dapat mengirim karyamu ke email yang sudah disebutkan. Terima kasih sudah berkenan mampir di situs kami.